Sejarah! Alwi Farhan Juarai BWF World Junior Championships 2023, Indonesia Pulang Bawa 4 Medali

bulutangkisduniaaja | Pebulu tangkis tunggal putra muda Indonesia, Alwi Farhan, sukses menyabet medali emas usai menjuarai nomor perorangan di BWF World Junior Championships atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2023 di Spokane, Washington, Amerika Serikat, pada Senin (9/10/2023) pagi WIB.

Alwi sukses membekuk wakil China, Hu Zhe An, lewat rubber game dengan skor 21-19, 19-21, 21-14. Sementara itu, medali perunggu disabet oleh pebulu tangkis Prancis, Alex Laniar, dan pemain India, Ayush Shetty. Lanier membekuk Shetty dalam laga perebutan tempat ketiga. Idncash



Perjalanan Alwi menuju babak final pun mengesankan, berawal dari kemenangannya atas wakil Australia, Jie Ying Chan, dengan skor 21-10, 21-8 di babak 64 besar. Pada babak 32 besar, Alwi menang lagi dengan membekuk wakil India, Tushar Suveer, dengan skor 21-16, 21-19.

Sejarah Baru bagi Indonesia


Alwi pun berhasil menembus babak 16 besar. Di sana, ia membungkam wakil Jepang, Yuna Nakagawa, dengan skor telak 21-5, 21-11. Hasil ini pun membuat Alwi makin percaya diri di perempat final, di mana ia membungkam unggulan keenam dari China, Wang Zi Jun, dengan skor 21-19, 21-18.

Dalam babak semifinal, Alwi bertemu Ayush Shetty, dan langsung menang dua gim dengan skor 21-18, 21-15. Dalam babak final, Alwi pun harus bermain lebih ngotot dalam melawan Hu Zhe An. Namun, ia berhasil keluar sebagai juara bulu tangkis usai menang dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Selain menjadi juara, Alwi juga menggores sejarah baru di BWF World Junior Championships. Ia menjadi peraih medali emas pertama bagi sektor tunggal putra Indonesia di kejuaraan tersebut.

Peraih Medali Lainnya


Pebulu tangkis Indonesia lainnya juga meraih medali di BWF World Junior Championships 2023. Secara total, Skuad Merah Putih membawa pulang 4 medali, yakni 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Indonesia duduk di peringkat 2, di belakang China dengan 6 medali (2 emas, 2 perak, 2 perunggu).

Di sektor tunggal putri, Chiara Marvella Handoyo, membawa pulang perak usai menembus final dan dikalahkan wakil Thailand, Pitchanmon Opaniput. Medali perak lainnya disabet Tim Indonesia di nomor beregu, usai kalah dari China di babak final.

Medali perunggu pun diperoleh oleh pasangan ganda campuran, Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai, yang sayangnya kalah dari wakil Singapura, Low Han Chen/Chong Jie Yu, di babak perebutan tempat ketiga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jonatan Christie Kembali Hadapi Pebulu Tangkis asal Denmark Vittinghus di Babak Pertama French Open 2022

Indonesia Bakalan Jadi Tuan Rumah Tournament Senior Bulu Tangkis

Korea Open 2023: Pramudya / Yeremia ke 16 Besar, Perjalanan Dua Ganda Putra Lain Berakhir